Peringati HKSN Tahun 2018, Pemprovsu Serahkan Bantuan kepada Kelompok PMKS

MEDAN  – Sebagai wujud kepedulian dan solidaritas kepada kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) melalui Biro Sosial dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut (Setdaprovsu) meminta bantuan kepada PMKS.

Bantuan yang Diterima Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprovsu Ibnu Sri Hutomo mewakili Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pada Acara Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2018, di Aula Raja Inal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro No., Kamis (27/12).

Jumlah bantuan 406 unit, unit kursi roda 8, perlengkapan sekolah untuk siswa SD kurang dari 100 paket, paket tongkat kruk 20, paket sembako 50 paket, paket alat bantu dengar 10 buah, tongkat tuna netra 25 buah.

“Pemberian bantuan ini merupakan perhatian dan wujud kepedulian yang sungguh-sungguh dari Pemprovsu, BUMN / BUMD, organisasi sosial dan tidak terkait dengan masyarakat Sumut. Tentunya belum dapat mendukung seluruh masyarakat PKMS yang ada di Sumut, tetapi kami akan terus bekerja keras meningkatkan usaha-usaha kesejahteraan sosial, ”ucap Ibnu membacakan Gubsu Edy Rahmayadi.

Berketiakawanan sosial masa kini, katanya, adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari, dan untuk masyarakat sendiri-sendiri serta secara bersamaan terkait dengan nilai pertolongan, kebersamaan, kegotongroyongan, dan kekeluargaan.

“Untuk itu, saya ingat dan mengharapkan seluruh komponen masyarakat yang ada di Sumut agar memberikan perhatian lebih luas, peluang, dan peluang bagi PKMS. Tidak hanya pada momen-momen tertentu seperti hari ini, tetapi juga dalam keseharian kita. Itu lah bentuk kesetiakawanan sejati, ”katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa tujuan HKSN adalah sebagai momentum pelembagaan kesetiakawanan sosial untuk didayagunakan menjadi bagian dari sikap dan kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, dan berbangsa.

“Hari ini merupakan puncak pembicaraan HKSN, sebelumnya telah diadakan rangkaian acara lainnya yang terdiri dari bakti sosial, kegiatan pemasangan makam, kunjungan ke panti asuhan, bantuan untuk disabilitas, dan lainnya. Hari ini sebagai puncak, kita ingin mengundang dan menginspirasi masyarakat Sumut untuk meningkatkan solidaritas dan kesetiakawanan antar sesama bagi yang tidak mampu mencapai kesejahteraan sosial di Sumut, ”jelasnya.

Selain penyerahan bantuan, saat itu, dilakukan pula penyerahan piagam dan tropi Gubernur Sumut serta uang pembinaan bagi pemenang teladan I, II, dan III pada Pekerja Pekerja Masyarakat Masyarakat (PSM) teladan tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018. Dibagikan oleh PSM Teladan Sumut dicari oleh Teladan I Hermansyah SPdi dari Kabupaten Simalungun, Teladan II Alinapia Harahap SH dari Kota Padangsidimpuan, dan Teladan III Hermanto dari Kota Tanjungbalai.

Pemenang Teladan I Hermansyah SPdi disambut bersyukur terhormat untuk memperoleh pemenang pertama. Katanya, uang pembinaan yang diterima sangat bermanfaat untuk mengembangkan kelompok usaha peternakan yang dijalankannya. “Semakin berkembangkan, semakin banyak orang yang bisa kita pekerjakan dan lebih mudah bisa membawa kesejahteraan untuk banyak orang,” katanya.

Acara Menerima HKSN turut dihadiri oleh non Forkopimda, mewakili DPRD Provinsi Sumut, OPD Pemprovsu, organisasi masyarakat, dan PSM kabupaten / kota se Sumut. **

 

Sumber; http://humas.sumutprov.go.id/peringati-hksn-tahun-2018-pemprovsu-serahkan-bantuan-kepada-kelompok-pmks/

Related Posts